Minggu, 09 November 2014

Perlu 37 Tahun!

Sepertinya tak ada yang tak tahu bahwa negara kita menyabet gelar negara kepulauan terrr besar di dunia!


Namun, tak banyak yang tahu, berapa pastinya jumlah pulau yang dimiliki Indonesia. Menurut Kepala Badan Informasi Geospasial Asep Karsidi kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, pada kesempatan serah terima perangkat pendukung infrastruktur informasi geospasial di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf Jakarta, 7 Mei 2014, Indonesia memiliki 13.466 pulau yang terdaftar dan berkoordinat. Dijelaskan oleh Asep Karsidi, bahwa jumlah tersebut sudah diakui dunia internasional dan tercatat di PBB.  Melalui United Nations Group of Experts on Geographical Names (UN GEGN), dimana Indonesia bergabung di dalamnya, setiap tahun, negara dapat memberikan informasi jika ada penambahan jumlah pulau. Penghitungan jumlah pulau ini dilakukan oleh Tim Nasional Pembakuan Rupabumi Indonesia.


Lho, bukankah dengar-dengar jumlah pulaunya 17.000? Menurut Asep, yang juga menjadi Sekretaris Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi, jumlah 17.508 pulau itu diperoleh karena Gosong dimasukkan sebagai pulau. Padahal Gosong hanya gundukan pasir atau terumbu karang yang muncul saat air surut dan tenggelam saat pasang naik air laut. Adapun definisi pulau oleh PBB adalah obyek yang masih tampak saat air laut pasang.


Namun, yang terpenting adalah bahwa Indonesia berbatasan dengan 10 (sepuluh) negara tetangga.  Batas tersebut ada pada 92 pulau terluar yang perlu dijaga dan dikelola dengan baik, karena pulau-pulau tersebut digunakan untuk menentukan garis pangkal batas wilayah negara Indonesia dengan negara lain. Untuk itu BIG sebagai penyelenggara informasi geospasial termasuk di dalamnya telah memetakan 92 pulau terluar tersebut, yang sudah disajikan dalam bentuk peta dan buku atlas. Wah, jangan sampai pulau-pulau tersebut hilang dari genggaman kita ya.


Nah, cukup banyak kan pulau yang dimiliki Indonesia? Oh, bukan hanya cukup banyak, tapi sangaaaat banyak. Dengan jumlah pulau se banyak ini, kita bahkan perlu 37 tahun bila tinggal sehari saja di setiap pulau, ckckck. So, masih ragu sama ke-raksasa-an Indonesia? Seharusnya, sumber daya sehebat ini mampu membuat Indonesia mengungguli negara lain lhooo, seharusnya. Maka, yuk sama sama mewujudkannya!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar