Sabtu, 15 November 2014

Garuda Asal Yogyakarta Melaju di Korea Selatan

Korea Selatan menjadi lintasan baru bagi Mobil Listrik Garuda buah karya mahasiswa tim mobil listrik Universitas Negeri Yogyakarta. Pada tanggal 24-25 Mei 2013 silam, tim ini berhasil mengibarkan sang saka pada ajang bertajuk International Student Green Car Competition 2013 di Seoul, Korea Selatan. Kompetisi level internasional ini melombakan 4 kategori, yaitu acceleration, maneuverability, endurance performance, dan creative technology. Event ini diikuti oleh 40 tim mobil listrik dan 10 tim mobil hybrid.


Ahmad Yulianto, sebagai team leader menuturkan bahwa mobil listrik Garuda ini mengaplikasikan 3 teknologi yang tidak digunakan oleh tim lainnya, yaitu quick release steering wheel, LCD on steering wheel, dan electric differential. Selain itu, tipe mobil balap mirip Formula 1 yang dipilih mengundang antusiasme tim lain dan panitia, mulai dari ide desain hingga material yang digunakan.


Dengan inovasi dan kretivitas inilah, tim mobil listrik UNY mampu menyabet peringkat 1 untuk kategori creative technology, peringkat 5 kategori maneuverability, peringkat 6 kategori endurance performance, dan peringkat 13 untuk kategori acceleration. Prestasi ini membuat tim berhasil mengantongi uang 1 won.






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar