Selasa, 25 Juni 2013

Indonesia di Museum Seni di Latvia

Ternyata, benda-benda peninggalan sejarah dan seni Indonesia sungguh bukan main luar biasa! Benda-benda tersebut ternyata tidak hanya disimpan di museum tanah air, tapi juga dipamerkan dan di-belajar-kan pada seluruh pengunjung di The Art Museum Riga Bourse, Latvia.


Di sebelah Western Art, di dekat Bourse Office, terdapat Museum's Oriental Gallery. Di sinilah seni Indonesia dipamerkan, bersanding dengan milik negara China, Jepang, dan India. Tidak tanggung-tanggung, museum ini mengoleksi batik, wayang, keris, topeng, hingga patung asmat.


Selain itu, Indonesia sendiri rupanya ikut terlibat aktif. Ini dibuktikan dengan kerjasama yang terjalin karib, dan ke-ikut-serta-an Indonesia dalam acara-acara Museum Riga Bourse tersebut.


Nah, mengapa dibelajarkan? Tentu saja. Museum agung seni ini memberikan beberapa jenjang pendidikan ilmu wawasan seni yang dibuka secara umum. Sehingga, tak dapat dihitung sudah berapa juta pasang mata yang mempelajari seni di museum ini termasuk koleksi seni Indonesia. Apakah kita sendiri sudah mempelajarinya? Duh!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar